Memiliki tempat istirahat yang nyaman merupakan suatu hal yang harus diperhatikan setiap kali hendak membangun sebuah rumah. Salah satu cara membuat kamar tidur nyaman adalah dengan memperhatikan desainnya, termasuk mendesain kamar tidur mewah.

Kamar tidur yang mewah dapat membuat penghuninya nyaman, karena ruangannya luas dan desainnya yang luar biasa. Mungkin Anda akan merasa menjadi seorang milyarder dan membayangkan diri berada di istana yang megah.

Desain Kamar Tidur Mewah yang Patut Dicoba untuk Rumah Luas

1. Konsep Perpustakaan dan Lukisan Besar

Konsep Perpustakaan dan Lukisan Besar
home-designing.com

Penambahan rak buku besar yang penuh berisi buku-buku di kamar cocok untuk Anda yang hobi membaca, terutama ketika hendak beristirahat. Kamar akan terlihat lebih mewah dengan rak besar yang berdiri di bagian samping dinding kamar.

Ruangan juga menjadi lebih efektif karena Anda tak perlu membuat ruangan khusus lagi untuk menempatkan buku-buku kesayangan Anda. Kamar Anda juga akan terlihat sebagai “kamar jenius” karena nampak seperti perpustakaan.

Untuk membuatnya lebih cantik, tambahkan dengan lukisan besar di belakang ranjang sebagai latar belakang. Sisi jenius dari kamar Anda akan terlihat dengan penambahan lukisan ini karena nilai seninya yang sangat tinggi.

2. Kamar Mewah Terang dengan Cermin

Kamar Mewah Terang dengan Cermin
pinterest.com

Membuat penerangan alami pada kamar yang luas juga akan menambah kemewahan kamar tersebut. Terlebih lagi jika pemilihan warna untuk dinding dan furnitur di dalamnya juga pas dan dapat bersatu dengan cahaya luar yang masuk ke ruangan.

Sangat disarankan untuk memilih furnitur dengan warna yang cocok, seperti warna krem, putih, maupun hitam. Gunakan lampu gantung yang cukup besar dengan desain klasik, sehingga akan menambah kesan mewah pada kamar tersebut.

Agar cahaya bisa terpantul dan menyebar ke seluruh ruangan, tambahkan cermin besar yang juga sekaligus akan menjadi desain bagi ruangan tidur mewah yang Anda miliki.

3. Background Kayu

Background Kayu
tumblr.com

Dipan dan spring bed yang tinggi sangat cocok jika menggunakan latar belakang kayu yang memiliki corak klasik. Pemilihan warna krem atau abu-abu sangat cocok dengan guratan-guratan kayu yang menambahkan kesan alami di dalam kamar.

Background dipan berupa kayu lebar yang besar dapat menjadi alternatif bagi Anda yang tidak ingin menggunakan lukisan atau pun hanya dinding polos saja. Maksimalkan juga penerangan alami dengan memilih jendela dengan ukuran yang cukup lebar.

4. Dinding Marmer Putih

Dinding Marmer Putih
home-designing.com

Kesan mewah yang ditampilkan oleh dinding marmer memang tak perlu diragukan lagi kebenarannya. Penggunaan marmer pada dinding maupun furnitur di rumah akan terasa megah karena tampilannya yang terlihat mengkilap dengan corak-corak yang khas.

Marmer putih sangat cocok jika dipilih untuk kamar tidur mewah yang mengusung konsep minimalis namun ingin menunjukkan sisi mewah di dalam kamar. Untuk mengimbangi marmer putih yang berada di belakang dipan, pilih juga sandaran dipan yang berwarna putih maupun coklat muda.

Gunakan lampu-lampu tidur dengan bentuk klasik yang akan menambah kemewahan dalam kamar impian Anda.

5. Dinding Granit Hitam

Dinding Granit Hitam
coleccionalexandra.co.uk

Tak hanya marmer, batu granit juga punya kesan mewah jika digunakan sebagai pelapis area yang luas, baik lantai maupun dinding kamar. Granit hitam ini bisa Anda pilih sebagai bagian yang akan menonjolkan sisi mewah dalam kamar.

Untuk lantai kamar, jangan gunakan granit atau pun keramik agar komposisi di dalam ruangan dapat seimbang. Gunakanlah lantai kayu yang memiliki warna terang, seperti coklat muda atau krem.

Dalam desain yang ditampilkan di atas juga terdapat ruangan yang berfungsi sebagai wardrobe. Gunakan pintu geser berbahan kaca agar ruangan tetap terlihat luas tanpa adanya sekat.

6. Ranjang Kelambu dan Kursi Bantal

Ranjang Kelambu dan Kursi Bantal
roohome.com

Siapa bilang ranjang dengan kelambu tidak bisa menampilkan kesan kamar tidur mewah di rumah? Nyatanya, penggunaan kelambu pada ranjang membuat kamar terlihat lebih tertutup dan mewah, karena desain ranjang yang dipilih juga tidak sembarangan.

Agar kamar juga terlihat lebih modern dan nyaman, letakkan beberapa kursi bantal berbentuk donat atau lingkaran sebagai tempat bersantai sekaligus dekorasi kamar mewah.

7. Cahaya Minim dan Tanaman

Cahaya Minim dan Tanaman
decoist.com

Kamar mewah tak selalu identik dengan kamar yang terang karena banyaknya penerangan, baik dari lampu listrik maupun penerangan alami dari cahaya matahari. Kamar yang minim cahaya rupanya juga bisa memantulkan kesan mewah yang tak kalah bagusnya.

Seperti contoh gambar desain kamar di atas, terlihat pemilihan warna ranjang yang gelap, seperti warna hitam maupun hijau tua. Untuk furnitur yang digunakan berwarna krem karena berfungsi sebagai penyeimbang warna di dalam ruangan agar tidak terkesan gelap gulita.

Agar lebih bagus dengan dekorasi yang seimbang, letakkan juga tanaman hijau di dalam ruangan, baik yang asli maupun yang imitasi. Tanaman asli bisa menciptakan ruangan yang sejuk karena ada oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan tersebut.

8. Dinding Hijau Tua

Dinding Hijau Tua
moodcollections.co.uk

Ruangan kamar dengan penempatan plafon yang cukup tinggi akan membuatnya menjadi terlihat luas dan terkesan kurang nyaman untuk dijadikan tempat tidur. Hal ini disebabkan plafon yang rendah dapat membuat kesan hangat di dalam ruangan akan terasa.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih single bed dengan ukuran yang cukup besar, kemudian isi ruangan dengan dekorasi yang lebih banyak, seperti menempatkan sofa kecil, kaca-kaca dengan bentuk yang unik, dan juga tanaman hijau untuk memenuhi ruangan dan menciptakan kehangatan.

Selain itu, pemilihan warna gelap juga cocok karena akan sedikit menutupi kesan ruangan kosong dari pemasangan plafon yang cukup tinggi. Contoh warna yang direkomendasikan adalah warna hijau tua.

9. Kamar Tidur Mewah Putih – Krem

Kamar Tidur Mewah Putih – Krem
home-designing.com

Jika tadi ada desain kamar mewah untuk ruangan dengan plafon yang tinggi, kali ini merupakan desain yang sangat cocok untuk ruangan dengan plafon yang rendah. Plafon yang rendah akan menciptakan kesan hangat di dalam kamar, untuk itu Anda bisa memilih warna terang sebagai penyeimbangnya.

Warna krem dan putih adalah salah satu warna yang cocok dipilih dalam konsep kamar tidur yang satu ini. Karena sudah terkesan hangat dengan plafon yang rendah, sebaiknya jangan terlalu banyak menempatkan barang-barang karena akan membuat kamar terasa panas.

Tak perlu gunakan tanaman hijau atau cermin di ruangan ini, Anda bisa menggantinya dengan menempatkan ayunan gantung sebagai dekorasi. Gunakan lampu-lampu tempel yang tidak terlalu banyak ornamen atau desainnya simpel.

10. Background Kotak

Background Kotak
mariner.london

Bagian belakang sandaran dipan yang terlalu polos memang terkesan monoton dan kurang menarik. Jika Anda punya kamar yang luas atau hendak membuat kamar yang luas, Anda bisa memanfaatkan bagian belakang tersebut dengan membuat tampilan bingkai.

Bingkai atau frame tersebut dapat menutupi kamar yang polos dan akan mengeluarkan kesan mewah, terlebih jika spring bed yang digunakan memiliki desain yang juga mewah. Karena menggunakan warna gelap, yakni abu-abu gelap, pilih lampu gantung yang besar dan lampu tidur klasik.

Pemilihan kedua lampu tersebut bisa menambah kesan mewah dan megah di dalam kamar tidur Anda.

11. Desain Kamar Mewah untuk Ranjang Tinggi

Desain Kamar Mewah untuk Ranjang Tinggi
linlydesigns.com

Jika Anda bingung bagaimana mendesain kamar mewah dengan ranjang yang tinggi, contoh desain di atas cocok untuk diterapkan. Agar tampilan tidak terlalu sesak, jangan tempatkan dekorasi-dekorasi kecil di bagian lantai maupun dinding kamar.

Dekorasi yang bisa digunakan antara lain meja rias atau meja sebagai tempat lampu tidur di kanan dan di kiri ranjang, mini sofa, rak sedang, dan lain sebagainya. Penggunaan karpet di bagian bawah juga bisa menutupi ruangan agar tidak terlihat terlalu polos.

12. Kamar Mewah ala Hotel

Kamar Mewah ala Hotel
wtsenates.info

Kamar yang satu ini memiliki tampilan mewah yang sangat tinggi dan bahkan terlihat megah. Meskipun tidak banyak ornamen, kamar ini tetap terlihat mahal dengan penggunaan piringan besar di belakang dipan sebagai latar belakangnya.

Cahaya kuning keemasan yang berpendar di seluruh ruangan juga menjadi salah satu poin mengapa kamar ini terlihat mewah. Satu lagi, penambahan tanaman bonsai dan sofa di sekeliling kamar bisa menjadi salah satu penenang pikiran saat Anda memutuskan untuk beristirahat di kamar ini.

13. Penggunaan Lampu Bundar yang Besar

Penggunaan Lampu Bundar yang Besar
invitinghome.com

Pemilihan lampu dalam dekorasi kamar mewah rupanya menjadi hal yang tak kalah penting dari hal yang lainnya. Kebanyakan kamar-kamar mewah memang menggunakan lampu-lampu besar sebagai penerangan sekaligus dekorasi interiornya.

Seperti contoh desain yang satu ini, kamar yang biasa saja dapat terlihat megah hanya dengan menempatkan lampu besar berbentuk bundar di bagian atasnya. Tak lupa, penempatan sofa juga dapat menambah kesan mewah sekaligus fungsi lain di dalam kamar tidur.

14. Kamar Bertema Silver

Kamar Bertema Silver
nevillejohnson.co.uk

Layaknya warna emas yang berkilau, warna silver juga sangat cocok jika dipilih sebagai warna dekorasi kamar mewah. Penempatan warna silver bisa dilakukan pada bed cover, bantal dan guling, sandaran dipan, hingga pada furnitur di dalam kamar.

Sebagai rekannya, warna abu-abu juga cocok menjadi pelengkapnya. Warna ini cocok untuk dijadikan warna lemari, dinding, furnitur kayu, plafon, dan lain sebagainya.

Memilih desain kamar ini juga tidak cocok jika Anda terlalu banyak memasukkan barang di dalamnya karena akan mengganggu kesan mewah dari kamar ini.

15. Kamar Mewah bak Istana Raja

Kamar Mewah bak Istana Raja
youtube.com

Memilih warna emas dan krem yang dipadukan dengan hijau lumut sangat cocok dijadikan dekorasi kamar mewah. Kamar ini akan sangat nyaman dengan adanya penempatan bantal-bantal kecil yang empuk di bagian ranjang.

Sebisa mungkin untuk membuat sandaran dipan dan kursi-kursi kecil dengan warna yang sama, contohnya warna hijau lumut. Selain itu, jangan lupa untuk memasang lampu gantung dengan desain elegan yang terbuat dari kristal-kristal, kaca, maupun batu-batuan.

16. Kamar Penuh Ukiran

Kamar Penuh Ukiran
linlydesigns.com

Desain kamar mewah yang satu ini cocok bagi pencinta model klasik, terutama pencinta ukiran-ukiran kayu sebagai dekorasi utama. Kamar mewah ini terlihat ramai karena sebagian besar isian di dalamnya memiliki motif dan corak.

Kesan klasik juga ditampilkan pada kamar ini dengan penggunaan meja kayu dan tempat lilin serta meja yang diukir. Letakkan karpet dengan motif bunga agar kesan klasik yang mewah bisa nampak dalam dekorasi kamar.

17. Tema Warna Ungu

Tema Warna Ungu
evermotion.org

Jika sebelumnya ada tema silver, dekorasi selanjutnya yang bisa dicoba adalah warna ungu. Warna ini cukup megah jika dipadukan dengan warna coklat kayu dan akan menampilkan ruangan yang megah seperti kamar para raja.

Warna ungu yang digunakan adalah ungu ubi atau ungu yang sedikit tua. Aplikasi warna tersebut pada furnitur dan ranjang kamar menjadikannya seperti singgasana yang sangat megah dan terlihat sangat luas sekaligus mahal.

18. Wallpaper Dinding

Wallpaper Dinding
houseandhaven.com

Jika dinding kamar Anda terlihat polos dan tidak menampilkan kesan kamar yang mewah, maka penggunaan wallpaper dinding sangat tepat dilakukan. Pemilihan warna yang lembut, seperti abu-abu muda, akan sangat cocok dengan wallpaper dinding.

Motif wallpaper yang digunakan sebaiknya merupakan motif klasik, sehingga tidak menabrak warna yang dipilih. Gunakan karpet di bagian bawah ranjang dan sekitarnya agar kamar tidak terkesan licin dan kurang nyaman.

19. Maksimalkan Pemasangan Gorden

Maksimalkan Pemasangan Gorden
vimercatimeda.com

Kamar ini bergaya Timur Tengah dengan pemilihan karpet dan gorden yang sangat menonjol dalam dekorasi kamar. Gunakan gorden yang memiliki renda di bagian pinggirnya, sehingga bisa menciptakan kesan mewah ala Timur Tengah.

Bagian lantai juga bisa dimaksimalkan dengan pemasangan karpet-karpet yang bermotif khas Turki dengan jumlah yang cukup, 2 atau 3 karpet. Kamar ini cocok dengan pemilihan warna emas yang mencolok dan terkesan klasik seperti pada film-film zaman dahulu.

20. Kamar Mewah Gaya Eropa

Kamar Mewah Gaya Eropa
behance.net

Gaya Eropa pada kamar ini ditampilkan dengan pemilihan warnanya yang begitu identik dengan hal itu, yakni krem, coklat, dan emas. Penuhnya dekorasi dinding dengan garis-garis berwarna emas juga bisa dijadikan poin penting dalam dekorasi kamar mewah yang satu ini.

Jangan lupa juga untuk menempatkan lukisan bergaya Eropa khas-khas zaman dahulu serta lampu-lampu dari kaca, baik lampu gantung maupun lampu tidur. Untuk ranjang, pilih ranjang yang memiliki ukiran klasik dengan warna emas.

Pada bagian lantai juga menggunakan keramik dengan motif senada agar lebih pas dan tampilan mewahnya sempurna.

Desain-desain kamar tidur mewah yang telah disebutkan di atas bisa menjadi salah satu inspirasi bagi Anda yang sedang mencari dekorasi kamar mewah sesuai gaya tertentu. Sebaiknya sesuaikan desain dengan luas atau konsep yang Anda usung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *