Mlonggo Mebel Produsen Kerajinan Furniture Modern & Klasik

Fakta-Fakta Penting tentang Mebel Jepara yang Perlu Diketahui Pencinta Furniture

Mebel Jepara - Featured

Sudah sejak lama mebel Jepara dikenal sebagai perabot rumah tangga yang memiliki kualitas tinggi dengan desain yang sangat beragam. Meja, kursi, lemari, tempat tidur, meja rias, atau produk lain dengan model antik yang klasik hingga modern dan minimalis bisa Anda dapatkan.

Bagi Anda pecinta furnitur, baik perabot yang berdesain antik maupun modern, produk dariJepara wajib dikoleksi. Namun, sebelum memesan atau membeli salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia ini, ketahui fakta-fakta penting seputar mebel Jepara berikut ini.

Jenis Kayu Jati Jepara

Mebel Jepara - Jenis Kayu Jati Jepara

Para pengrajin mebel Jepara sejak dahulu memilih kayu jati yang memang dikenal sebagai kayu pilihan berkualitas premium. Namun, tahukah Anda bahwa kayu jati yang tumbuh di Jepara berbeda dengan kayu jati dari daerah lain?

Kayu jati Jepara merupakan jenis unggul karena dipengaruhi tempat tumbuh dan masa pertumbuhannya.Jepara merupakan kota pantai bercuaca panas. Di sini, pohonjati memiliki masa pertumbuhan yang lebih lamasehingga kayunya lebih padat, keras, kering, dan antirayap.

1. Kayu Jati Perhutani

Sesuai namanya, kayu jati Perhutani ditanam di hutan jati milik pemerintah. Dengan masa pertumbuhan hingga 20 hingga ratusan tahun dan pemeliharaan yang sangat intensif mulai dari pembibitan hingga perawatan menghasilkan kayu berkualitas tinggi.

Ciri kayu jati Perhutani adalah batangnya lurus dengan diameter besar, sangat awet, kuat, serat kayunya padat, tekstur dan warna kayunya hidup, kandungan minyak alaminya tinggi, dan kualitasnya terkontrol. Dengan karakter seperti ini, tidak heran jika harganya pun sangat tinggi.

2. Kayu Jati Rakyat

Kayu jati rakyat berasal dari pohon jati yang ditanam secara mandiri oleh masyarakat Jepara dan memiliki masa tumbuh 15–25 tahun. Karena kebanyakan tumbuh di lahan penduduk yang tinggal di kampung-kampung, kayu jati ini juga kerap disebut kayu jati kampung.

Karena tumbuh di lahan penduduk, kualitasnya sudah tentu tidak sebaik kayu Perhutani. Meskipun ditanam di lahan pribadi, para pemilik pohon jati tidak bisa seenaknya melakukan penebangan, tetapi wajib mendapat izin terlebih dahulu dari Perhutani.

3. Kayu Jati Emas

Pernahkah Anda mendengar nama kayu jati emas? Ya, jenis kayu jati yang satu ini memang cukup populer di Jepara dan daerah lain. Pohon jati emas banyak ditanam karena hanya perlu waktu 7–15 tahun sampai siap ditebang.

Dengan waktu pertumbuhan yang pendek, kualitas kayu yang dihasilkan tentu tidak sebaik kayu jati Perhutani maupun kayu jati rakyat. Kayu ini tidak terlalu awet dan kadar airnya tinggi. Kelebihan kayu jati emas adalah batang dan rantingnya lurus serta harganya lebih murah.

Keunggulan Mebel Jepara

Mebel Jepara - Keunggulan Mebel Jepara

Tidak ada yang meragukan kualitas perabotan yang terbuat dari kayu jati dan dihasilkan oleh para pengrajin mebel di Jepara. Namun, apa saja sebetulnya kelebihan yang dimiliki oleh mebel Jepara hingga mampu mengungguli produk mebel lainnya? Berikut uraiannya.

1. Sesuai untuk Semua Tema Interior

Ketika Anda telah memilih tema interior, sudah pasti seluruh perabot dan pernak-pernik dekorasi yang ada di dalam ruangan tersebut harus disesuaikan agar selaras dengan tema. Bagaimana dengan mebel dari kayu jati, benarkah bisa digunakan untuk mendukung seluruh tema tersebut?

Jawabannya, ya, tentu bisa. Yang penting, Anda memilih desain yang paling serasi dengan tema, misalnya perabot berukir untuk tema klasik atau model simpel untuk tema minimalis. Anda juga bisa menyiasatinya dengan menyesuaikan warna kain pada kursi, misalnya.

2. Dibuat dari Kayu Berkualitas Premium

Seperti telah disinggung pada bagian sebelumnya, kayu jati dari Jepara merupakan kayu dengan kualitas paling baik di Indonesia. Dengan mutu bahan yang baik, mebel Jepara bisa awet untuk digunakan hingga 20 tahun lamanya.

Ciri kayu jati berkualitas premium dapat dilihat dari tekstur kayunya yang lebih halus, seratnya yang lebih tajam, dan warnanya seragam. Harga yang cukup tinggi rasanya cukup sepadan dengan kekuatan dan keawetan produk mebel dari Jepara ini.

3. Memiliki Ukiran yang Khas

Ornamen berupa ukiran yang sangat artistik dan bercita rasa seni tinggi adalah ciri khas mebel Jepara. Keindahan ukiran hasil karya para pengrajin di Jepara ini sangat sulit ditandingi para pengrajin lain. Bukan hanya indah, ukiran Jepara memiliki gaya tersendiri.

Pembuatan furnitur dengan ukiran klasik ini dimungkinkan karena pengerjaannya dilakukan secara manual, langsung menggunakan tangan tanpa bantuan mesin. Hasilnya, ukiran tampak sangat hidup dan memberikan nilai plus pada mebel yang dibuat.

4. Lebih Tahan Lama

Indonesia bukanlah satu-satunya penghasil kayu jati di Asia. Namun, kayu jati Indonesia memiliki kualitas yang paling baik dibandingkan dengan negara lain, seperti Thailand, Filipina, dan Myanmar, terlebih lagi kayu jati yang dihasilkan di Jepara.

Dengan material yang berkualitas, mebel yang dihasilkan pun menjadi sangat awet. Rata-rata, furnitur asal Jepara bisa digunakan selama puluhan tahun tanpa lapuk atau rusak. Inilah sebabnya para kolektor barang antik banyak yang mengincar produk furnitur dari Jepaara.

5. Tahan Terhadap Air dan Serangan Rayap

Mudah lapuk akibat air atau kelembapan dan serangan rayap menjadi kelemahan produk perabot rumah tangga yang dibuat dari kayu, termasuk kayu jati. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir soal itu karena mebel Jepara dibuat dari kayu jati berkualitas super.

Kayu jati Jepara memiliki kandungan minyak alami yang tinggi sehingga lebih tahan terhadap air serta serangan rayap. Anda lebih leluasa untuk menempatkan perabot seperti meja dan kursi di mana pun, seperti di teras rumah atau di taman tanpa khawatir kayu cepat lapuk.

6. Tampilannya Mewah dan Anggun

Bagi para pengrajin dan pengusaha mebel Jepara, standar tinggi dalam setiap tahap pembuatan furnitur adalah sebuah keharusan. Produk yang terlihat elegan dan mewah adalah hasil dari ketelitian para pengrajin dalam menyeleksi, memotong, memproduksi, hingga finishing.

Dengan hasil akhir yang berkelas, Anda tak perlu repot menempatkan banyak perabot di satu ruangan. Tekstur halus, warna merata, dan ukiran yang indah membuat mebel Jepara minimalis pun bisa menjadi centerpiece yang membuat ruangan jadi lebih memikat.

7. Jenis dan Desainnya Sangat Beragam

Produkmebel Jepara tidak hanya berupa meja, lemari, dan kursi mebel Jepara, tetapi juga pintu gebyok, partisi ruangan, bahkan juga kitchen set.Desainnya pun sangat beragam. Dalam katalog mebel Jepara, Anda bisa melihat bahwa satu jenis furnitur bisa dibuat dalam beberapa desain.

8. Mudah Didapat

Ketenarannya membuat banyak orang yang tertarik untuk membuka toko mebel Jepara. Toko semacam ini bisa ditemui di banyak kota di Indonesia. Selain itu, mebel Jepara juga kini bisa didapatkan secara online.

Grade Produk Mebel dari Jepara

Mebel Jepara - Grade Produk Mebel dari Jepara

Bukan rahasia lagi kalau mebel Jepara memiliki harga jual yang tinggi sehingga membuat banyak orang yang ragu untuk membelinya. Untungnya, para pengusaha mebel di Jepara punya solusi bagi Anda.

Para pengusaha tersebut memproduksi mebel dengan grade atau tingkat kualitas yang berbeda. Meski sama-sama dibuat dari kayu jati, furnitur dari Jepara bisa dikelompokkan dalam tiga grade, yaitu grade A, B, dan Cdengan perbedaan sebagai berikut.

1. Produk Mebel Grade A

Inilah kategori produk furnitur yang paling tinggi karena dibuat dari kayu TPK Perhutani yang sudah memiliki diameter lebih dari 30 cm, tidak termasuk bagian pinggir kayu yang berwarna putih. Bagian kayu yang digunakan hanya bagian tengah dan dipilih yang tidak memiliki cacat.

Tak hanya kayunya, bahan finishing yang dipakai pun dipilih dari kualitas tinggi, yaitu nitrocellulose (NC) dan polyurethane (PU). Kedua bahan finishing ini memiliki karakter berbeda sehingga digunakan untuk tujuan berbeda pula.

Nitrocellulosesangat mudah meresap ke dalam serat kayu sehingga permukaan mebel masih memperlihatkan serat alami bahkan pori-pori kayu. Karena itulah, NC digunakan pada produk mebel klasik yang berpenampilan antik.

Polyurethaneadalah bahan pelapis akhir yang memberikan efek glossy dan tahan segala cuaca layaknya cat mobil mewah. Bahan ini digunakan melapisi produk mebel yang biasa ditempatkan di luar ruangan.

2. Produk Mebel Grade B

Produk furnitur Jepara level kedua atau grade B dibuat dari kayu rakyat berdiameter 25–35 cm di luar bagian pinggir kayu yang berwarna putih. Adapun bahan finishing yang digunakan adalah nitrocellulose (NC).

Seperti telah disinggung sebelumnya, kayu jati rakyat memiliki kualitas di bawah kayu Perhutani, tetapi masih jauh lebih unggul dibandingkan kayu jati biasa, apalagi kayunya dipilih yang berdiameter besar alias sudah cukup tua.

Mebel Jepara dengan grade B ini adalah produk ideal yang sering direkomendasikan para pengusaha atau pemilik toko furnitur. Dari segi kualitas, produk grade masih bisa diandalkan, tetapi harganya moderat.

3. Produk Mebel Grade C

Bagi Anda yang ingin memiliki mebel Jepara terbaru tetapi dananya terbatas, produk grade C bisa menjadi solusi. Harga produk kategori ini cukup ekonomis karena dibuat dari kayu jati rakyat berdiameter kecil, yaitu antara 17–25 cm termasuk bagian pinggirnya.

Untuk menekan harga jual, bahan finishing pun dipilih yang ekonomis, yaitu melamine. Hasilnya akhirnya tampak belang dan garis batas antara bagian tepi kayu (berwarna putih) dengan bagian tengah (berwarna cokelat) masih terlihat.

Dilihat dari sisi keawetan, produk grade C juga tidak terlalu baik karena lebih mudah dimakan rayap. Kekurangan ini bisa disiasati dengan menggunakan finishing dan perawatan yang tepat, meskipun tidak menghilangkan risiko lapuk seratus persen.

Kisaran Harga Produk Furnitur Jati dari Jepara

Mebel Jepara - Kisaran Harga Produk Furnitur Jati dari Jepara

Karena terdiri dari tiga tingkatan level kualitas, harga mebel Jepara pun sangat bervariasi, tergantung pada grade yang digunakan dan faktor-faktor lainnya. Berikut ini daftar kisaran harga mebel Jepara untuk beberapa jenis produk.

  • Bufet dan credenza : Rp2 juta hingga Rp16 juta
  • Lemari pajangan : Rp2 juta hingga Rp35 juta
  • Sofa dan kursi tamu : Rp1 juta hingga Rp10 juta
  • Tempat tidur : Rp3 juta hingga Rp15 juta
  • Meja makan : Rp2 juta hingga Rp10 juta
  • Lemari buku : Rp1,5 juta hingga Rp12 juta

Cara MembedakanMebel Jati Jepara Asli dan Palsu

Mebel Jepara - Cara Membedakan Mebel Jati Jepara Asli dan Palsu

Selain mengetahui tingkatan kualitasnya, Anda juga harus tahu cara membedakan produk furnitur dari Jepara yang dibuat dari kayu jati asli dengan yang palsu. Bagaimana caranya?

Pertama, jika diketuk, mebel dari kayu jati asli akan menghasilkan suara yang berat (keras).

Kedua, mebel antik dari kayu jati yang betul-betul sudah tua memiliki permukaan tidak rata.

Ketiga, ukirannya sangat khas dan hanya bisa dikenali oleh orang yang sudah sering membeli mebel asli Jepara.

Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, sangat wajar jika mebel Jepara menjadi produk yang tak hanya disukaidi dalam negeri, tetapi juga menjadi incaran para pencinta furnitur di luar negeri. Melalui ulasan di atas, semoga Anda tidak ragu lagi untuk mengoleksi furnitur Jepara.

Mlonggo Mebel
Mlonggo Mebel Produsen Kerajinan Furniture Modern & Klasik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *