Mlonggo Mebel Produsen Kerajinan Furniture Jepara

Dekorasi Kamar Tidur

Dekorasi Kamar Tidur

Memilih dekorasi kamar sesuai dengan usia orang yang menempatinya memang gampang-gampang susah. Dekorasi kamar tidur yang sesuai dengan usia tentunya lebih bagus, karena dapat membuat nyaman pemakainya, terlebih jika sesuai dengan seleranya.

Berikut ini ada beberapa desain kamar tidur yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda yang ingin mendekorasi kamar sesuai dengan usia atau selera. Pilih desain yang sekiranya akan cocok dengan pemakainya, sehingga Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai karakter pemakainya.

Contoh Dekorasi Kamar Sesuai Usia yang Indah

1. Kamar Biru Langit untuk Remaja dan Anak

Kamar Biru Langit untuk Remaja dan Anak
thearchdigest.com

Image imut memang cocok dengan anak-anak dan remaja karena warna yang ditampilkan sangat cerah. Warna biru langit yang dipilih sangat menggambarkan karakter anak-anak dan remaja yang masih ceria dan masih suka bermain.

Pilih warna biru cerah untuk bagian dinding dan warna putih untuk ornamennya. Ornamen putih yang bisa dipilih antara lain untuk korden, warna lampu tidur, pintu, meja, sprei, bantal, dan selimut atau bed cover.

Untuk bagian ranjang atau dipan bisa menggunakan bahan kayu dengan warna aslinya yang alami. Beri juga dekorasi lain seperti lukisan bunga ataupun piring-piring dengan berbagai macam ukuran yang ditempel di dinding.

2. Kamar Pink Barbie

Kamar Pink Barbie
smartrvcamper.com

Warna merah muda yang mencolok ini tentu saja akan sangat cocok bagi anak perempuan dan remaja. Tapi mungkin warna ini kurang cocok jika anak Anda adalah anak yang tomboy, karena biasanya anak tomboy kurang menyukai warna pink.

Dalam dekorasi kamar ini, warna yang ditampilkan hanyalah warna merah muda dan warna putih saja. Untuk warna merah muda bisa digunakan sebagai warna selimut, warna dinding, dan warna bantal.

Sedangkan untuk warna putih bisa ditempatkan pada furnitur yang ada di dalam kamar, seperti lemari, meja, atau lampu tidur. Agar nuansa merah muda ala Barbie terasa, pilih lampu yang memancarkan warna merah muda juga.

3. Kamar Putih Minimalis

Kamar Putih Minimalis
home-designing.com

Bagi remaja dan dewasa, kamar ini akan sangat cocok karena terkesan simpel namun tetap bagus dilihat. Dekorasi kamar semacam ini akan sangat cocok diterapkan jika ruangan di dalam kamar terlalu sempit.

Alternatifnya, gunakan bagian yang tinggi sebagai dipan, sehingga tidak perlu meletakkan dipan yang bisa membuat ruangan terasa penuh. Agar ruangan terlihat lega dan cukup luas, gunakan warna putih sebagai warna dinding dan furnitur di dalamnya.

Penerangan alami juga sangat bagus digunakan dalam dekorasi kamar seperti ini. Untuk barang-barang tambahan sebaiknya jangan terlalu penuh diletakkan di kamar, mengingat ruangan kamar yang cukup sempit.

4. Desain Mewah dan Simpel Kamar untuk Pasangan Muda

Desain Mewah dan Simpel Kamar untuk Pasangan Muda
home-designing.com

Meskipun terlihat cukup mewah, kamar ini tidak membutuhkan dekorasi yang terlalu ramai atau terlalu banyak. Ranjang yang digunakan pada dekorasi ini merupakan ranjang dengan kaki yang kecil namun kuat.

Warna yang digunakan juga sangat sedikit, yakni warna putih di bagian dinding dan warna biru untuk warna korden dan sebagian warna karpet dan hiasan dinding. Gunakan lampu gantung dari kaca agar penerangan terlihat lebih indah.

5. Kamar Tanpa Dipan untuk Pasangan Muda

Kamar Tanpa Dipan untuk Pasangan Muda
home-designing.com

Desain kamar ini sangat sederhana namun terlihat sangat alami karena dominan dekorasi dari bunga-bunga dan tanaman hijau. Kamar ini tidak memiliki dipan sebagai tempat meletakkan kasur, melainkan memanfaatkan bagian lantai yang dibuat meninggi.

Penggunaan lampu gantung lampion berbentuk bawang juga menambah estetika dalam dekorasi kamar tidur yang satu ini. Dekorasi kamar seperti ini sangat cocok untuk pasangan muda karena terkesan romantis jika ditinggali bersama.

Selimut rajut yang tebal terlihat sangat modern dengan gaya yang santai namun tetap mengesankan keindahan di dalamnya.

6. Gaya Simpel untuk Pria

Gaya Simpel untuk Pria
home-designing.com

Bagi pria yang masih lajang, kamar ini cocok untuk menggambarkan kesendirian dan kemandirian Anda. Dekorasinya sangat simpel namun terlihat nyaman karena tidak banyaknya furnitur di dalam kamar tersebut.

Lukisan wajah di dinding belakang cukup menjadi pusat perhatian meskipun sangat sederhana jika dilihat. Pada bagian dinding samping dijadikan untuk rak dan gantungan pakaian, sehingga tidak membutuhkan lemari pakaian lagi.

Untuk sprei, bisa memilih warna polos gelap atau warna polos dengan motif. Warna abu-abu tua dan muda sangat disarankan agar kamar terlihat lebih cocok dengan dekorasi keseluruhan.

7. Ornamen Tanaman Rambat untuk Kamar Dewasa

Ornamen Tanaman Rambat untuk Kamar Dewasa
home-designing.com

Kamar minimalis untuk dewasa sangat cocok menggunakan dekorasi semacam gambar di atas. Penambahan tanaman rambat imitasi akan membuat kamar terlihat alami, terlebih jika Anda meletakkan tanaman hidup di sudut ruangan.

Di dalam kamar ini juga terdapat ruang kerja yang dipisahkan dengan kamar tidur secara langsung menggunakan pintu kaca. Untuk warna dinding, disarankan untuk memilih warna krem, putih, atau abu-abu muda agar terlihat luas.

8. Kamar Kayu untuk Dewasa

Kamar Kayu untuk Dewasa
hearstapps.com

Nuansa alami yang dimunculkan ornamen kayu menjadi kegemaran bagi sebagian orang, sehingga terkadang hal tersebut dijadikan sebagai inspirasi dalam mendekorasi ruangan kamar. Bagian dinding di belakang sandaran dipan menggunakan kayu yang memiliki susunan timbul – tenggelam.

Bagian kayu juga digunakan sebagai lantai yang memunculkan motif garis-garis memanjang. Dekorasi kamar ini juga simpel tanpa banyak furnitur di dalamnya karena hanya ada kursi kecil, lampu tidur gantung, dan meja kecil.

9. Kamar Balita Floral

Kamar Balita Floral
home-designing.com

Selain identik dengan warna-warna yang cerah, anak-anak khususnya balita juga identik dengan benda-benda lucu nan menggemaskan. Hal ini bisa Anda tuangkan ke dalam tema dekorasi kamar balita agar cocok dengan usianya.

Pilihlah ranjang kecil yang memiliki pembatas di bagian sampingnya dan pastikan tidak ada bagian lancip atau tumpul yang ada di area sekitar ranjang. Pilih sprei dan selimut dengan warna cerah yang ceria, seperti merah muda, biru muda, ungu muda, atau abu-abu muda.

Pilihlah bantal dengan bentuk yang lucu agar bisa menjadi dekorasi yang disukai anak-anak. Pilihlah furnitur dengan kaki-kaki yang kurus dan aman, sehingga Anda tak perlu khawatir anak akan terbentur benda keras.

10. Ranjang Bertingkat untuk Anak-Anak

Ranjang Bertingkat untuk Anak-Anak
savillefurniture.com

Memiliki banyak anak yang umurnya berdekatan memang terkadang menjadi permasalahan, terutama masalah kamar. Jika ruangan yang tersedia tidak banyak, tentu pilihannya adalah harus menggunakan ranjang susun atau ranjang bertingkat agar bisa menghemat space.

Namun, sering kali penggunaan ranjang susun menyebabkan kamar terlihat berantakan dan terasa pengap. Hal ini tentu akan sangat membosankan anak-anak, terutama jika cuaca panas yang mengganggu sedang terjadi.

Nah, dekorasi kamar dengan ranjang susun seperti di atas bisa Anda coba untuk menciptakan kamar untuk banyak anak tanpa perlu khawatir kamar menjadi berantakan dan pengap. Bentuk ranjang susun dibuat menjadi letter L, sehingga bagian tengah akan terasa longgar.

11. Double Single Bed untuk Anak Kembar

Double Single Bed untuk Anak Kembar
hearstapps.com

Memiliki anak kembar berarti Anda harus menyiapkan segala halnya menjadi dua buah, termasuk kamar. Namun, jika Anda tidak ingin kedua anak tersebut berbeda kamar namun mereka sudah beranjak remaja dan harus sendiri, dekorasi kamar tidur di atas cocok untuk dipilih.

Sistemnya adalah satu kamar dengan dua single bed dan keduanya dipisahkan menggunakan lemari pendek. Lemari tersebut bisa digunakan sebagai tempat lampu tidur atau lemari biasa yang berisi peralatan, entah gunting atau yang lainnya.

Jika dibandingkan dengan satu kasur besar berdua, dua kasur single ini lebih efektif untuk melatih kemandirian anak. Anak akan lebih terbiasa membereskan selimut dan tempat tidurnya sendiri, sehingga bisa melatih tanggung jawabnya.

12. Dekorasi Kamar untuk Remaja Laki-Laki

Dekorasi Kamar untuk Remaja Laki-Laki
pinterest.com

Remaja laki-laki yang identik dengan suatu hal yang simpel sangat cocok untuk menggunakan dekorasi kamar yang satu ini. Sama seperti dekorasi kamar laki-laki sebelumnya, kamar ini juga tidak menggunakan banyak barang.

Pemilihan warna dominan hitam dan putih dengan tambahan sedikit warna cerah berupa warna kuning meski tidak dominan. Kamar ini akan terasa lengkap dengan adanya karpet bercorak garis-garis yang sesuai dengan warna bed cover.

13. Kamar Pasangan yang Luas

Kamar Pasangan yang Luas
home-designing.com

Dekorasi kamar dengan ukuran yang luas memang cocok diisi dengan berbagai macam barang agar suasananya bisa terasa hangat. Pilihlah barang-barang yang halus dan empuk, seperti sofa, kursi bantal, dan yang lainnya.

Jika memang terlalu luas, tambahkan guci atau vas bunga berukuran besar agar dekorasi menjadi lebih indah.

14. Kamar Dewasa Biru Laut

Kamar Dewasa Biru Laut
home-designing.com

Dekorasi kamar semacam ini bisa diaplikasikan pada kamar yang berada di area puncak atau dekat dengan laut. Warna biru laut dari sprei dan bed cover dalam dekorasi ini akan memberikan kesegaran suasana.

Penggunaan pintu dan jendela kaca yang berukuran besar juga akan membuat pemandangan dari dalam kamar terlihat jelas. Hal ini dapat memberikan suasana yang menyegarkan mata, terlebih ketika bangun di pagi hari.

15. Kasur Lingkaran

Kasur Lingkaran
smalldesignideas.com

Jika bosan dengan kasur berbentuk segi empat yang itu-itu saja, Anda bisa menggunakan kasur berbentuk lingkaran agar terlihat berbeda. Bentuk lingkaran juga akan membuat ruangan lebih hemat karena bentuknya yang memutar.

Model kasur lingkaran seperti ini kurang cocok dipilih sebagai dekorasi kamar pasangan, karena terlihat sempit jika digunakan berdua.

16. Lukisan Kaktus

Lukisan Kaktus
buzzfeed.com

Kamar yang terlalu simpel bisa menjadi membosankan jika tidak ditindaklanjuti dengan menambahkan sesuatu. Anda bisa memilih lukisan kaktus seperti gambar di atas untuk membuat dekorasi lebih menarik lagi.

Meskipun lukisan tersebut sederhana, latar belakang lukisan yang menggunakan warna dasar yang beragam menjadi warna tersendiri untuk kamar Anda yang kosong dan polos.

17. Kamar Remaja Tema Skateboard

Kamar Remaja Tema Skateboard
sebringdesignbuild.com

Untuk remaja yang hobi dengan olahraga skate board akan sangat cocok jika mencoba dekorasi kamar tidur yang satu ini. Warna dinding biru tua yang polos dipadukan dengan jajaran skate board terasa sangat unik dan cocok dengan anak laki-laki.

Untuk pemilihan warna kasur dan bed cover bisa memilih warna yang sotf, seperti biru pastel atau putih garis-garis. Tambahkan juga dengan lampu gantung dinding berwarna oranye yang akan melengkapi dekorasi bagian dinding kamar Anda.

18. Dekorasi Kayu dan Pohon

Dekorasi Kayu dan Pohon
modsy.com

Kamar ini akan terlihat minimalis dengan pemilihan dinding berwarna putih polos yang dipadukan dengan pemasangan lukisan monokrom serta lampu gantung. Selain itu, kamar ini juga punya sisi uniknya, yakni adanya pohon di dalam ruangan yang akan membuat dekorasi semakin alami.

Kealamian tampilan kamar ini juga terasa kuat dengan penggunaan bahan kayu sebagai sandaran dipan dan kursi di sebelah ranjang.

19. Kolase Foto Hitam Putih

Kolase Foto Hitam Putih
sndimg.com

Mengabadikan suatu momen dalam jepretan kamera memang hal terbaik yang dapat dilakukan untuk memperoleh kenangan. Foto-foto kenangan bersama orang tua dan keluarga bisa Anda jadikan inspirasi untuk latar belakang dinding kamar.

Dekorasi ini sangat simpel karena hanya menonjolkan foto-foto hitam putih berukuran besar di bagian belakang dan juga ayunan yang digantung di kamar. Untuk pemilihan tempat tidur, disarankan untuk memilih warna cerah, seperti biru dan putih atau ungu dan biru pastel.

20. Kamar dengan Ayunan

Kamar dengan Ayunan
shadowlightghosts.org

Tren ayunan di dalam kamar rupanya memang sedang terkenal akhir-akhir ini. Dekorasi semacam ini tak ada salahnya untuk dicoba karena cukup bagus untuk memberikan suasana yang menarik di dalam kamar Anda.

Anda bisa memilih ayunan model telur terbelah atau ayunan lingkaran yang diberi bantalan bulu-bulu agar lebih empuk dan terlihat menarik. Dekorasi kamar ini sangat sederhana dengan pemilihan warna coklat, putih, dan abu-abu yang polos serta tidak banyaknya furnitur yang ditempatkan di dalamnya.

Salah satu hal terpenting sebelum memutuskan dekorasi mana yang akan dipilih, pastikan kenyamanannya terlebih dahulu. Beberapa contoh dekorasi kamar tidur di atas bisa menjadi salah satu referensi untuk menciptakan kamar yang indah dan tentunya nyaman dihuni.

 

Mlonggo Mebel
Mlonggo Mebel Produsen Kerajinan Furniture Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Pesan Furniture? Chat Disini