Rumah Teduh dengan Gazebo Kayu

Gazebo merupakan bagian dari bangunan yang dapat digunakan sebagai tempat berteduh dengan kenyamanan yang tinggi. Bentuk gazebo yang tidak terlalu besar bisa menjadi area yang menyenangkan jika diletakkan di halaman dan taman rumah. Gazebo kayu merupakan salah satu jenis gazebo yang memiliki tampilan estetik.

Warna kayu yang khas sangat cocok melengkapi taman yang hijau, terlebih di bawah pohon besar. Tampilan kayu yang khas juga membuat tampilan rumah menjadi lebih teduh, sehingga rumah menjadi terlihat adem dan sejuk. Di siang hari, menikmati minuman dingin dan camilan di bawah gazebo akan dapat membuat pikiran menjadi lebih santai dan tenang.

Ada banyak jenis kayu yang dapat digunakan untuk membuat sebuah gazebo. Beberapa jenis kayu yang banyak digunakan di antaranya adalah kayu jati dan kayu kelapa. Kedua kayu ini memiliki tekstur khas yang cocok dan menjadikan gazebo lebih tahan lama. Gazebo yang memiliki desain ukiran di dalamnya biasanya menggunakan kayu jati sebagai bahan dasarnya.

 

Gazebo Kayu Jati

Gazebo kayu jati merupakan gazebo yang paling banyak dicari oleh konsumen karena kualitasnya yang tinggi. Gazebo dari kayu jati memiliki tingkat keawetan yang sangat tinggi dan dapat tahan dengan cuaca panas, api, serta air, sehingga sangat cocok dengan untuk dijadikan sebagai gazebo taman yang biasanya terpapar sinar matahari lebih banyak.

Selain panas, hujan yang kerap melanda juga dapat menyebabkan kerusakan pada gazebo kayu. Kayu menjadi lebih rapuh, berjamur, dan dapat patah sewaktu-waktu jika sudah tidak kuat menahan beban berat. Selain masalah cuaca, masalah lain yang dapat mengganggu keawetan kayu adalah serangga seperti rayap yang sering kali menyerang kayu-kayu pada furnitur seperti gazebo.

Masalah-masalah tersebut dapat merugikan karena menyerang kekuatan kayu, namun tidak dengan kayu jati yang lebih tahan dengan serangan serangga dan cuaca serta kondisi yang lembab. Sehingga gazebo dari kayu jati sangat cocok dipakai pada daerah yang memiliki suhu lembab atau daerah tropis, seperti di Indonesia.

Dengan begitu, memilih gazebo dari kayu jati akan lebih menguntungkan Anda karena kuat dan tahan lama, serta menghindari kerugian akibat kerusakan dini. Karakter lain dari kayu jati adalah warnanya yang khas, yakni warna coklat keemasan, krem, atau putih kecoklatan. Namun jika terpapar cahaya matahari akan berubah menjadi coklat muda.

Kayu jati juga sangat cantik jika dipoles dengan ukiran kayu yang akan menambah nilai jual gazebo. Gazebo dari kayu jati dengan ukiran juga akan menambah nuansa kental adat Jawa yang sangat khas. Karena kualitas dan keawetannya yang tinggi, tak heran jika gazebo dari bahan kayu jati memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan gazebo dari bahan yang lainnya.

Gazebo Kayu Kelapa

Bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat gazebo kayu adalah kayu kelapa. Sama seperti kayu jati, kayu kelapa juga dikenal tahan dan awet dari tahan panas dan air. Kayu kelapa dikenal juga sebagai kayu gelugu yang memiliki serat kayu yang khas berupa garis-garis. Gazebo kayu kelapasangat menarik dan berkualitas untuk dijadikan sebagai gazebo taman.

Kayu kelapa dapat diambil dari pohon kelapa ataupun kelapa sawit yang sudah tua. Serat kayu kelapa memiliki tekstur yang kasar, selain itu serat kayu juga akan bertambah semakin besar seiring usia kayu kelapa sebelum ditebang untuk dijadikan sebagai bahan gazebo. Kualitas kayu kelapa yang dipilih bisa dicek dengan mengetuk kayu, apakah nyaring atau tidak.

Berbeda dengan gazebo yang dibuat dari kayu jati, gazebo dari kayu gelugu atau kayu kelapa biasanya memiliki warna yang lebih terang, yakni cokelat muda atau cokelat kekuningan. Namun kayu jati juga memiliki warna yang lebih gelap dari warna yang sudah disebutkan, terutama apabila usia kayu gelugu sudah semakin tua.

Gazebo dari kayu kelapa juga jarang dijumpai dengan adanya ukiran pada kayu, karena seratnya yang berbeda dari kayu yang biasa dijadikan sebagai bahan kayu ukiran. Namun Anda bisa memesannya ke penjual mengenai desain, atau jika tidak mau ribet, Anda juga bisa membeli desain gazebo yang sudah disediakan.

Untuk model gazebo kayu gelugu, Anda bisa memilih model minimalis yang memiliki bentuk mini dan unik. Desain minimalis merupakan desain yang sedang marak digunakan sebagai desain utama rumah, karena memang memiliki bentuk yang khas di samping fungsinya yang dapat menghemat ruangan di rumah yang tidak terlalu luas.

Harga gazebo dari kayu gelugu tidak semahal gazebo dari bahan kayu jati, karena memang kualitasnya berada di bawah kualitas kayu jati.

Bahan Atap Gazebo

Ada beberapa jenis bahan yang digunakan untuk membuat atap gazebo kayu, yakni genteng, sirap, dan asbes.

  1. Atap Genteng

Atap genteng merupakan atap yang sangat sering dijumpai dalam pembuatan gazebo. Dengan menggunakan atap genteng, gazebo menjadi lebih nyaman karena dapat menyerap panas. Genteng dibuat dari tanah liat yang dibentuk kemudian dikeringkan dan dibakar. Namun sekarang sudah banyak dijumpai atap yang dibuat dari bahan sintetis.

Gazebo dengan atap genteng memiliki harga yang cukup mahal karena memiliki tampilan yang estetis dan sangat teduh dijadikan sebagai penutup sebuah bangunan, termasuk gazebo. Namun atap genteng juga mudah pecah jika jatuh, sehingga pemasangannya harus hati-hati.

  1. Atap Sirap

Kelebihan dari penggunaan atap sirap adalah memiliki nilai estetika yang sangat tinggi pada bentuknya. Pada gazebo-gazebo tradisional, atap sirap dibuat dari dua jenis bahan, yakni bahan kayu dan juga bahan bambu. Namun pada gazebo yang ada sekarang ini, banyak yang menggunakan bahan buatan fiber semen untuk mengganti bahan alami.

Baik bahan tradisional maupun bahan buatan, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Atap sirap dari bahan kayu dan bambu lebih tahan benturan dan bentuknya sangat indah karena mencerminkan keramahan alam. Namun bahan tradisional memiliki harga lebih mahal dibandingkan bahan buatan. Sayangnya, bahan fiber semen lebih rapuh dibandingkan bahan alami.

  1. Bahan Asbes

Bahan asbes dipilih karena harganya yang murah dan dapat menyerap hawa dingin, sehingga lebih sejuk dijadikan sebagai bahan atap gazebo taman. Bahan asbes juga memiliki kemudahan dalam hal pemasangannya. Sayangnya, penggunaan atap asbes sebagai bahan penutup gazebo memiliki kekurangan dalam hal keindahannya.

Dibandingkan dengan dua bahan sebelumnya, bahan asbes tidak terlalu menarik dan kurang cocok dipadukan dengan bahan kayu.

Harga Gazebo Kayu

Faktor penentu adanya perbedaan harga gazebo kayuadalah bahan kayu yang digunakan. Semakin bagus kualitas kayu yang digunakan, maka akan semakin mahal harganya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kayu yang memiliki kualitas tinggi nomor 1 sebagai bahan furnitur adalah kayu jati.

Jadi tak heran bila harga mebel atau furnitur berbahan kayu jati lumayan mahal. Namun Anda tak perlu khawatir mengenai harga gazebo di tempat kami, karena meskipun kayu jati yang digunakan adalah kayu jati berkualitas ekspor, harga gazebo tetap terjangkau tanpa meninggalkan sisi kualitas dan keawetan gazebo di tempat kami.

Selain dari segi bahan kayu yang digunakan, harga gazebo dari kayu juga bergantung pada desain yang dipilih. Semakin rumit desain dan ukuran gazebo yang dipilih, maka semakin mahal harganya. Salah satu desain gazebo yang memiliki harga tinggi adalah gazebo ukiran, terlebih ukiran yang semakin rumit.

Anda dapat memesan desain gazebo di tempat kami atau membeli gazebo dengan desain yang sudah jadi. Desain yang kami tawarkan juga tak kalah menarik dari tempat lain, dan pastinya harganya sangat ramah di kantong.

Gambar Gazebo Kayu

Ada berbagai macam desain gazebo yang cocok digunakan untuk dekorasi taman di rumah. Beberapa desain memiliki ukuran yang cukup besar dan bisa dibilang megah, yakni desain gazebo dengan model dua lantai. Selain itu, Anda yang memiliki lahan kurang luas alias sempit juga tak ada salahnya untuk membangun gazebo karena terdapat ukuran yang kecil.

Beberapa desain di bawah ini bisa Anda sesuaikan dengan model, konsep, atau luas taman atau halaman yang Anda miliki. Tak hanya dengan model terbuka seperti gazebo biasanya, model gazebo tertutup juga bisa Anda pilih. Model terbuka pun memiliki beragam bentuk, seperti segi enam, segi delapan, dan model lain dengan variasi penggunaan atap gazebo.

Berikut beberapa model dan desain gazebo yang bisa Anda simak agar tidak bingung menentukan desain mana yang akan digunakan untuk mempercantik taman sekaligus sebagai tempat bersantai yang nyaman.

1. Gazebo Atap Sirap

gazebo atap sirap

Gazebo dengan atap sirap merupakan gazebo yang paling sering digunakan untuk area belakang rumah. Selain digunakan sebagai tempat berteduh, gazebo ini juga memiliki nilai estetika yang dapat mempercantik tampilan rumah.

2. Gazebo Panggung

gazebo panggung

Gazebo panggung menampilkan bentuk gazebo dua lantai dengan gazebo utama di bagian atas. Karena terdapat dua lantai, maka di samping gazebo terdapat tangga seperti layaknya rumah bertingkat pada umumnya. Dengan adanya gazebo dengan model seperti ini, rumah akan terlihat lebih teduh dan memunculkan kesan nyaman walau hanya dilihat saja.

3. Gazebo Persegi Panjang

gazebo persegi panjang

Gazebo persegi panjang sangat cocok digunakan sebagai area bersantai keluarga besar. Bentuknya yang memanjang sangat nyaman untuk dijadikan tempat berbaring di halaman rumah. Meski terdapat di luar rumah, gazebo ini mampu memberikan kenyamanan, terlebih jika di rumah terdapat pohon yang mampu menghembuskan angin sejuk.

4. Gazebo Rumah

gazebo rumah

Gazebo rumah merupakan bentuk gazebo yang tertutup dan memiliki dinding, meski terbuat dari kayu. Gazebo semacam ini bisa dijadikan tempat menginap alternatif karena modelnya yang tertutup. Jika model gazebo rumah terdiri dari dua lantai maka akan sangat fungsional, karena bagian bawah bisa digunakan sebagai area bersantai.

5. Gazebo Musholah

gazebo musholah

Gazebo mushola banyak ditemukan di tempat-tempat wisata. Seperti namanya, gazebo ini memang diperuntukkan sebagai tempat melaksanakan sholat seperti mushola pada umumnya. Selain di tempat wisata, gazebo ini juga bisa diletakkan di halaman atau belakang rumah sebagai tempat ibadah pribadi.

6. Gazebo Atap Gentheng

gazebo atap gentheng

Atap genteng pada gazebo akan memberikan kesan sejuk karena warnanya yang mampu menyerap panas matahari. Berteduh di bawah gazebo genteng akan membuat tertidur karena sangat nyaman meski beristirahat di siang hari yang terik.

7. Gazebo Ukiran

Gazebo Ukiran

Gazebo ukiran sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari gazebo dengan desain yang memiliki nilai seni tinggi. Ukiran-ukiran kayu yang menawan bisa menjadi dekorasi rumah yang sangat bagus, terutama bagi rumah-rumah yang mengusung tema tradisional.

8. Gazebo Villa

gazebo villa

Dari namanya pun kita sudah bisa menebak bahwa gazebo ini diperuntukkan sebagai tempat menginap layaknya villa pada umumnya. Gazebo villa akan memberikan kenyamanan saat Anda berlibur dan menginap. Bahan kayu yang menjadi bahan utama gazebo akan memberikan ketenangan pikiran.

9. Gazebo Rumah Tingkat

gazebo rumah tingkat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gazebo rumah memiliki desain yang tertutup. Begitu juga dengan variasi gazebo rumah yang dibangun dua lantai dengan area yang tertutup keseluruhan. Bentuknya yang tidak terlalu besar cocok ditempatkan di samping rumah sebagai gardu pandang ataupun tempat bersantai.

10. Gazebo Segi 4

gazebo segi 4

Gazebo segi 4 merupakan variasi bentuk gazebo taman dengan bentuk segi empat sesuai namanya. Bentuk gazebo segi empat tidak terlalu besar dan hanya bisa memuat kurang lebih 3 – 5 orang. Meskipun tidak terlalu luas, gazebo ini sangat teduh dan bisa mengisi area taman yang kosong.

11. Gazebo Segi 6

gazebo segi 6

Gazebo dengan bentuk segi enam memberikan kesan tertutup lebih besar daripada gazebo segi empat. Bentuk gazebo ini pun unik karena memiliki tampilan memutar. Gazebo segi enam sangat cocok untuk diletakkan di pojok halaman rumah dan tempat wisata.

12. Gazebo Segi 8

gazebo segi 8

Bentuk gazebo yang terakhir adalah bentuk segi delapan. Dibandingkan dengan bentuk gazebo segi yang lainnya, gazebo segi delapan lebih luas dan memiliki ukuran yang lebih besar. Tempat duduk gazebo juga tidak memiliki jarak yang terlalu tinggi dari tanah.

Ukuran

Ada beberapa ukuran yang biasa dijadikan ukuran untuk gazebo dari kayu. Terdapat ukuran untuk kategori mini, sedang, dan ukuran besar. Ukuran gazebo bisa Anda sesuaikan dengan luas taman atau tempat yang akan dibangun gazebo. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Anda bisa menghindari kesalahan ukuran saat membeli gazebo.

  • Gazebo minimalis, ukuran yang biasa dijumpai adalah 1,5 x 2 meter, 2 x 2 meter dan 2,5 x 2,5 meter. Biasanya berbentuk persegi.
  • Gazebo medium, ukuran yang biasa dijumpai adalah 2 x 4 meter, 3 x 3 meter, atau 3 x 2 meter.
  • Gazebo besar, ukuran yang biasa dijumpai adalah 4 x 4 meter, 4 x 6 meter, 5 x 5 meter, 6 x 6 meter, dan yang lebih besar lagi.

Jika Anda ingin membeli gazebo dengan ukuran-ukuran di atas, sangat tepat untuk Anda jika mengerti ukuran ideal pemasangan gazebo. Ukuran gazebo yang ideal untuk halaman adalah 1/5 dari luas halaman rumah Anda. Jika lebih dari itu, maka gazebo hanya akan memenuhi halaman dan menjadi sesak.

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai gazebo yang terbuat dari kayu, langkah selanjutnya adalah memilih penjual yang tepat. Anda bisa menyerahkannya kepada kami selaku produsen furnitur kayu termasuk gazebo dengan bahan baku yang awet dan berkualitas tinggi. Jangan ragu untuk menghubungi kami, karena kami siap melayani pemesanan ke seluruh Indonesia.

Segera pesan untuk mendapatkan produk dan layanan terbaik, serta dapatkan juga berbagai macam potongan harga yang tersedia untuk Anda. Kunjungi katalog produk kami agar informasi jadi lebih jelas.

Ada Yang Mau Ditayakan? Klik Disini