Mlonggo Mebel Produsen Kerajinan Furniture Modern & Klasik

Jenis Kayu Untuk Membuat Gazebo

gazebo kayu jati ukiran

Gazebo atau dalam bahasa Sunda biasanya disebut sebagai saung adalah sebuah bangunan yang memiliki fungsi untuk sebagai tempat bersantai, bercengkerama, dan juga menghabiskan waktu bersama keluarga. Gazebo biasanya menggunakan kayu jati sebagai bahan bangunannya, gazebo kayu jati ukiran biasanya banyak diminati karena kokoh dan juga memiliki ukiran yang indah.

Selain kayu jati, banyak jenis kayu lainnya yang juga sering digunakan sebagai bahan bangunan untuk membuat gazebo. Selain itu juga material lainnya seperti bamboo, besi, kaca, dan bahkan batu juga digunakan untuk membuat gazebo.

Bahan yang Sering Digunakan Untuk Membuat Gazebo

Jenis kayu yang digunakan untuk membuat gazebo biasanya adalah kayu yang memiliki tingkat kekuatan tinggi untuk dapat menopang beban di atasnya. Berikut adalah jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat gazebo, di antaranya adalah:

  1. Kayu Jati

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, kayu jati merupakan jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat gazebo. Hal ini karena kayu jati memiliki banyak sekali kelebihan, seperti tahan panas dan tahan air, juga memiliki tingkat kekuatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis kayu yang lain.

Karena kelebihan yang dimiliki oleh kayu jati itulah jenis kayu ini sering digunakan untuk menjadi bahan untuk membuat gazebo yang biasanya ditempatkan di luar ruangan atau outdoor. Biasanya untuk menambah keindahan dari gazebo, kayu jati yang digunakan merupakan kayu jati yang sudah diukir.

Gazebo kayu jati ukiran biasanya mengharuskan anda untuk merogoh kocek lebih dalam lagi karena harga kayu jati ukir yang tinggi di pasaran. Meskipun harga yang harus dikeluarkan relative lebih tinggi, hal ini tidak membuat para pecinta kayu jati ukiran mengurungkan niatnya untuk menggunakan kayu jati ukiran ini sebagai bahan untuk membuat gazebo.

Baca Juga : Desain dan Contoh Model Gazebo Kayu Jati

  1. Kayu Kelapa

Selain gazebo kayu jati ukiran, kayu kelapa juga sering digunakan untuk membuat gazebo karena memiliki kelebihan yang sama dengan kayu jati terkait dengan ketahanan akan cuaca seperti panas dan juga hujan.

Namun meskipun memiliki ketahanan terhadap panas dan air, kayu kelapa memiliki tingkat kekuatan yang di bawah kayu jati. Untuk anda yang ingin membuat gazebo dan sedang dalam pencarian bahannya namun memiliki anggaran yang kurang untuk membeli kayu jati, kayu kelapa ini mungkin dapat menjadi alternative karena harganya lebih murah jika dibanding dengan kayu jati.

Baca Juga : Aneka Desain Klasik dan Modern Gazebo Kayu Kelapa

  1. Kayu Merbau

Kayu merbau yang keras, memiliki tingkat kekuatan yang tinggi dan juga tahan lama membuat jenis kayu ini menjadi pilihan untuk dijadikan bahan gazebo. Jenis kayu yang berwarna coklat kemerahan ini tahan terhadap serangan serangga.

Hal tersebut menjadi penawaran yang menarik bagi masyarakat Indonesia yang berada di daerah tropis yang terkenal dengan serangga nya meskipun memang kualitas dari jenis kayu merbau ini masih di bawah kayu jati.

Baca Juga : Rumah Teduh dengan Gazebo Kayu

  1. Kayu Sonokeling

Meskipun jenis kayu ini sulit ditemui di pasaran, kayu sonokeling yang memiliki warna coklat keunguan dan juga gurat hitam yang indah ini sering digunakan karena memiliki tingkat kekuatan yang tinggi juga awet sehingga kayu jenis ini cocok untuk digunakan di luar ruangan.

Untuk anda yang sedang mencari kayu untuk digunakan sebagai gazebo, beberapa jenis kayu yang sudah dijelaskan tersebut dapat menjadi referensi untuk anda. Jika anda sedang mencari meja payung yang akan melengkapi gazebo di rumah, anda bisa mengunjungi https://mlonggomebel.com/ untuk mendapatkan penjelasan, anda juga dapat langsung membeli baik meja payung berbahan kayu jati.

Artikel Terkait :

Mlonggo Mebel
Mlonggo Mebel Produsen Kerajinan Furniture Modern & Klasik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *