Ragam Desain dan Material Kursi Taman, Mana Favorit Anda?

Kursi taman menjadi salah satu elemen penting untuk menciptakan suasana taman yang nyaman dan menarik. Selain desain, bahan yang digunakan untuk membuatnya juga turut menentukan kesan yang dihadirkan di taman rumah Anda.

Mengingat begitu besarnya pengaruh desain dan material pembuatnya, pemilihan kursi atau bangku taman perlu dilakukan dengan hati-hati. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan model dan jenis kursi yang akan dibeli.

Artikel ini akan membahas fungsi, material, tips memilih, hingga contoh-contoh desain unik bangku taman yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Kursi yang tepat akan membuat Anda, keluarga, atau siapa saja bisa lebih menikmati suasana taman yang asri.

Fungsi Kursi Taman

kursi taman

Tak hanya di taman kota, konsep taman dengan kursi cantik dan nyaman juga bisa diaplikasikan di rumah-rumah. Kebutuhan akan pemandangan yang menyejukkan mata dan lingkungan yang lebih sehat membuat makin banyak orang yang merasa perlu membuat taman rumah.

Keterbatasan lahan bukan halangan untuk menciptakan taman yang nyaman. Dengan bantuan ahli lansekap atau kreativitas sendiri, Anda bisa menciptakan taman yang menawan. Lengkapi dengan bangku, maka taman Anda pun menjadi tempat bersantai yang menyenangkan.

Baik di taman kota maupun taman rumah, kursi memiliki beberapa fungsi penting sebagai berikut.

1. Elemen untuk Memperindah Taman

Sebuah taman tampak indah bukan hanya karena desain dan koleksi tanaman atau bunganya. Keberadaan kursi yang memiliki nilai estetika akan membuat taman terlihat makin indah, terlebih jika kursi yang dipilih memiliki desain unik, tetapi tetap fungsional.

2. Tempat Bersantai dan Beristirahat

Rutinitas sehari-hari yang harus Anda jalani dari pagi hingga malam tentu menguras energi dan emosi. Duduk-duduk di pagi atau sore hari sambil menikmati kudapan atau membaca buku di tengah taman pasti akan menjadi aktivitas pelepas lelah yang sangat menyenangkan.

3. Tempat Bersosialisasi

Padatnya kesibukan sehari-hari membuat masyarakat kota makin individualis dan jarang berinteraksi. Ternyata solusi untuk masalah ini cukup sederhana. Cukup dengan menempatkan kursi taman minimalis, masyarakat memiliki tempat yang nyaman untuk bersosialisasi.

Jenis Kayu untuk Membuat Bangku Taman

kursi taman

Salah satu bahan yang banyak digunakan untuk membuat beragam model kursi taman adalah kayu. Ada beberapa jenis kayu yang sering digunakan oleh para pengrajin furnitur. Jenis kayu tersebut memiliki karakteristik, kelebihan, dan kekurangan. Berikut ini 7 di antaranya.

1. Kayu Jati

Kayu jati sudah sejak lama dikenal sebagai material yang sangat bagus untuk membuat furnitur atau perabotan rumah tangga, seperti meja, kursi, lemari, dan tempat tidur. Saat ini, kayu jati juga banyak digunakan untuk membuat bangku taman.

Kayu jati dikenal sebagai kayu yang kuat dan awet. Tak hanya itu, kayu ini juga banyak disukai karena tampilannya indah dan memberikan kesan mewah, terlebih lagi jika dihiasi dengan ukiran khas Jepara yang sudah terkenal hingga ke mancanegara.

2. Kayu Ulin

Kayu asli Indonesia ini sering dipilih untuk membuat furnitur karena kekuatan dan keawetannya. Sifat ini pula yang membuat kayu ulin sering disebut kayu besi. Kayu ulin juga memiliki keunggulan lain, yaitu sangat tahan terhadap kelembapan, perubahan suhu, dan air laut.

Ada empat jenis kayu ulin yang biasa digunakan untuk membuat furnitur. Keempatnya memiliki warna batang yang berbeda. Kayu ulin tando berwarna cokelat kemerahan, ulin lilin berwarna cokelat gelap, ulin tembaga berwarna kekuningan, dan ulin kapur berwarna cokelat muda.

3. Kayu Pinus

Jika Anda menginginkan bangku taman yang harganya ekonomis, pilihlah material kayu pinus. Di Indonesia, kayu ini sangat mudah didapat dan inilah salah satu faktor yang membuat harganya relatif terjangkau.

Kayu ini memiliki ciri khas ringan dan warnanya terang. Serat kayunya yang halus membuat kayu pinus mudah menyerap warna sehingga cocok untuk membuat bangku taman yang berwarna-warni. Namun, Anda harus rajin merawatnya karena pinus mudah terserang jamur.

4. Kayu Cendana

Kayu cendana terkenal dengan aroma wanginya yang sangat khas dan tahan lama. Sebagai material membuat furnitur, termasuk bangku untuk taman, kayu cendana juga disukai karena tergolong jenis kayu keras dengan tekstur yang halus.

Dengan karakteristik yang dimilikinya, kayu cendana tergolong jenis kayu yang harganya cukup tinggi, sekitar Rp1 juta per kilogram. Perabot yang dibuat dari kayu yang dikenal dengan nama internasional sandalwood ini akan terlihat mewah, apalagi jika dihiasi ukiran.

5. Kayu Mahoni

Kayu mahoni sangat ideal untuk membuat perabot yang berkualitas, tetapi harganya lebih terjangkau. Tekstur yang halus dan corak serat yang indah berwarna merah muda hingga merah tua akan membuat kursi Anda tampak mewah.

6. Jenis Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling termasuk jenis kayu favorit para pengrajin mebel yang juga jual kursi taman karena memiliki banyak kelebihan. Kayu ini termasuk kayu keras dengan serat yang halus seperti kayu jati. Hasilnya, perabot akan terlihat elegan dan mewah.

Kayu ini juga memiliki keunikan lain, yaitu batangnya berwarna merah tua atau ungu dengan garis hitam yang natural. Anda juga tidak perlu repot merawatnya karena bangku taman dari kayu sonokeling tahan air dan tidak mudah berjamur.

7. Kayu Sengon

Perabot berupa kursi juga sering dibuat dari kayu sengon atau sering disebut juga kayu albasia. Harga kayu ini tergolong murah sehingga cocok bagi Anda yang memiliki dana terbatas untuk membeli atau membuat bangku taman.

Kayu sengon memiliki tekstur yang kasar dan bau yang kurang sedap saat masih basah. Jika memilih jenis kayu ini, Anda harus rajin merawatnya supaya kursi tetap tampak bagus dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Faktor yang Menentukan dalam Memilih Bangku Taman

Beragamnya produk bangku taman yang unik dan menarik memang membuat konsumen senang karena makin banyak alternatif yang bisa dipilih. Namun, tidak jarang hal ini juga membuat Anda bingung ketika hendak memutuskan untuk membelinya.

Agar tidak salah pilih, perhatikan beberapa faktor berikut ini sebagai acuan dalam menilai produk bangku taman sebelum menentukan pilihan. Faktor tersebut meliputi bahan, desain, ukuran, dan harga.

1. Bahan

Mengingat taman pada umumnya merupakan area terbuka, ketahanan atau keawetan kursi harus menjadi hal utama yang diperhatikan. Kursi yang akan ditempatkan di taman harus tahan terhadap perubahan cuaca karena akan terkena terik sinar matahari maupun guyuran air hujan.

Dilihat dari daya tahannya, kursi taman kayu jati merupakan pilihan yang paling baik, tetapi Anda juga bisa memilih alternatif jenis kayu lain dengan kelebihan dan kekurangan sebagaimana dijelaskan pada bagian sebelumnya.

2. Desain

Dalam memilih desain kursi, hal yang patut dipertimbangkan adalah konsep taman yang Anda inginkan. Hal ini penting supaya tercipta keselarasan antara desain taman dengan model kursi taman yang akan ditempatkan.

Sebagai contoh, jika memiliki taman bertema vintage, Anda bisa memilih kursi dari besi dengan ornamen klasik. Sebaliknya, jika Anda menyukai tema Skandinavia, kursi putih berbahan kayu dan berdesain minimalis akan memperkuat konsep taman Anda.

3. Ukuran

Untuk menentukan ukuran kursi yang tepat, luas taman bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan. Bahkan, ukuran taman yang luas bukan berarti Anda harus memilih kursi berukuran besar. Pilihlah ukuran kursi yang proporsional dengan luas taman dan menunjang tema.

Jumlah anggota keluarga mungkin lebih tepat untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih ukuran kursi. Anda bisa memilih satu atau dua kursi berukuran besar atau beberapa kursi yang ukurannya lebih kecil atau kursi lipat yang bisa disimpan saat tidak digunakan.

4. Harga

Tak bisa dimungkiri jika harga kursi taman relatif mahal, khususnya jika Anda mengincar kursi yang berkualitas sangat bagus. Namun, ada banyak alternatif kursi yang harganya lebih ramah, meskipun tentunya dengan kualitas yang lebih rendah.

Kisaran harga untuk bangku taman dari berbagai bahan adalah sebagai berikut.

  • Kayu jati : Rp1.500.000,00 hingga Rp5.000.000,00
  • Jenis kayu lain : Rp500.000,00 hingga Rp3.000.000,00
  • Besi : Rp350.000,00 hingga Rp1.500.000,00
  • Rotan : Rp 200.000,00 hingga Rp1.500.000,00
  • Bambu : Rp500.000,00 hingga Rp1.500.000,00

Inspirasi Desain Kursi untuk Taman dari Kayu

Desain kursi kayu yang diletakkan di pekarangan atau taman terus berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini membuat Anda lebih mudah memilih model yang sesuai dengan selera dan menunjang tema taman. Berikut ini beberapa gambar kursi taman yang bisa menjadi inspirasi Anda memilih model yang tepat.

1. Bangku Panjang dengan Sandaran dan Lengan

Kursi taman panjang

Desain yang pertama ini merupakan model bangku taman yang paling umum dijumpai, yaitu berupa kursi panjang yang dilengkapi sandaran dan lengan di sebelah kanan dan kiri. Ukuran panjang kursi ini minimal bisa menampung dua orang.

Model ini sangat klasik dan sederhana. Baik tempat duduk maupun sandarannya dibuat dari bilah-bilah kayu yang dipasang berjajar dengan jarak antarbilah beberapa sentimeter. Kursi ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu santai di taman bersama keluarga atau teman.

2. Kursi Sudut

Kursi taman sudut Kursi taman sudut

Sesuai namanya, kursi kayu untuk taman yang satu ini dibuat dalam bentuk siku-siku sehingga pas diletakkan di sudut taman. Desain ini cocok untuk taman yang ukurannya tidak terlalu besar karena Anda bisa menghemat ruang dengan memanfaatkan salah sudut taman.

Meski sederhana dan mungil, kursi sudut membuat Anda leluasa menebarkan pandangan ke seluruh penjuru taman. Kursi sudut bisa dibuat menyambung, bisa juga dengan menyelipkan meja kecil di tengah untuk meletakkan minuman dan makanan ringan.

3. Bangku Mengelilingi Pohon

kursi taman melingkar

Ingin memiliki kursi taman yang unik? Manfaatkan pohon yang tumbuh di taman untuk mendesain bangku taman yang berbeda. Kursi ini terbuat dari enam buah kursi kayu dengan dudukan berbentuk trapesium yang jika disusun mengelilingi pohon akan membentuk segi enam.

Anda bisa membuat bangku dengan sandaran maupun tanpa sandaran. Selain unik, kursi melingkar ini juga membuat acara duduk-duduk di taman menjadi lebih menyenangkan karena rimbunnya pohon akan melindungi Anda dari panas.

4. Bangku Taman Rustic

Kursi taman rustic

Tema rustic tidak hanya bisa diaplikasikan untuk desain interior ruangan atau dapur, tetapi juga sangat cocok untuk taman. Anda bisa menghadirkan tema rustic di taman melalui desain kursi tamannya.

Kursi bertema rustic dibuat dari kayu bulat. Anda bisa merangkai kayu-kayu utuh berukuran kecil sehingga bentuknya seperti bangku taman standar. Anda juga bisa memanfaatkan kayu berukuran besar dan membuang bagian tengahnya membentuk kursi.

Demikianlah beberapa hal seputar kursi taman yang menarik untuk diketahui. Anda bisa mencari gambar kursi taman di internet sebagai referensi untuk mendapatkan desain kursi yang sesuai keinginan.

Ada Yang Mau Ditayakan? Klik Disini