Meja Taman yang Fungsional dan Dekoratif Beserta Tips Memilih

Menikmati taman memang bisa dilakukan dari teras rumah. Namun, akan jauh lebih menyenangkan jika Anda menempatkan satu set kursi dan meja taman sehingga bisa duduk-duduk di dalam area taman sambil menikmati secangkir minuman hangat atau membaca buku.

Kegunaan dan nilai estetis menjadi faktor yang sebaiknya tidak diabaikan ketika memilih meja. Untuk itulah, tulisan ini mencoba menyajikan beberapa desain meja yang fungsional dan dekoratif untuk taman Anda serta tip untuk memilihnya. Selamat membaca.

Mengapa Sebaiknya Memilih Meja Taman Kayu?

meja taman

Untuk memenuhi selera konsumen, meja untuk kebutuhan furnitur pekarangan yang ada saat ini terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti kayu, besi, resin, rotan, bambu, bahkan plastik. Akan tetapi, meja berbahan kayu lebih direkomendasikan karena beberapa alasan.

1. Lebih Kokoh

Tak jarang, meja yang diletakkan di taman juga difungsikan sebagai meja makan sehingga harus cukup kuat untuk menopang peralatan makan lengkap yang cukup banyak dan berat. Karena itu, meja makan taman sebaiknya dibuat dari kayu murni (bukan MDF) karena cukup kokoh.

2. Meja Taman Awet

Mengingat letaknya yang berada di ruang terbuka, meja dari logam, seperti besi akan mudah berkarat akibat sering terkena air hujan atau catnya mengelupas akibat panas. Begitu juga dengan meja plastik atau rotan yang warnanya akan pudar serta mudah rusak.

3. Hangat dan Natural

Semua furnitur berbahan kayu memberikan kesan hangat pada ruangan, termasuk di taman. Selain itu, karena terbuat dari bahan alam, meja dari kayu tidak hanya bisa menghangatkan suasana, tetapi juga sangat menyatu dengan taman.

4. Artistik dan Elegan

Salah satu ciri khas mebel kayu yang banyak disukai adalah motif serat yang sengaja ditonjolkan di permukaan meja. Tekstur dan pola serat kayu membuat tampilan meja tampak artistik dan elegan.

5. Rentang Harga Meja Taman Sangat Besar

Dengan begitu beragamnya jenis kayu yang digunakan, harga furnitur taman, khususnya meja, sangat bervariasi dengan rentang harga yang sangat besar. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikan jenis meja yang dipilih sesuai dengan anggaran yang tersedia.

6.  Mudah Didapat

Meja termasuk produk mebel yang mudah dicari di Indonesia karena bahan bakunya melimpah. Di sentra pengrajin maupun di toko mebel, Anda bisa menemukan meja yang dibuat dari berbagai jenis kayu dengan desain bervariasi dari minimalis hingga modern untuk di taman.

Satu hal yang perlu diingat adalah hindari meja yang terbuat dari kayu solid karena tidak tahan terhadap perubahan cuaca. Panas matahari akan membuat meja retak atau pecah, sedangkan jika sering terkena hujan, kayu akan mudah busuk.

Panduan Memilih Meja Taman

meja taman

Sebetulnya, memilih meja tidak terlalu sulit. Tidak berbeda dengan memilih furnitur kayu lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih meja kayu untuk kebutuhan taman.

1. Kenyamanan

Salah satu tujuan menempatkan meja di area pekarangan adalah agar Anda bisa menghabiskan waktu dengan bersantai bersama keluarga atau teman. Jadi, faktor kenyamanan sangatlah penting. Pilihlah meja yang membuat Anda mudah mengakses benda yang diletakkan di atasnya.

2. Kesesuaian Desain

Agar tampak serasi dan menyatu dengan taman, sesuaikan desain meja yang dipilih dengan penataan, konsep, dan suasana yang ingin Anda bangun di sana. Untuk taman berukuran kecil, meja kursi minimalis lebih cocok daripada meja berukir yang berkesan berat.

3. Bentuk

Sama seperti meja makan, meja berbentuk bulat lebih sesuai untuk taman yang tidak terlalu luas karena bisa menghemat tempat. Sebaliknya, jika taman rumah cukup luas, Anda bisa menempatkan meja panjang atau oval.

4. Harga

Faktor harga sudah tentu perlu dipertimbangkan dalam memilih meja. Akan tetapi, seperti telah disinggung sebelumnya, meja dari kayu memiliki harga yang sangat bervariasi sehingga tidak perlu khawatir karena pasti ada harga yang pas untuk Anda.

Desain Meja Taman yang Fungsional dan Dekoratif

Selain meja memiliki peran yang sangat penting karena memengaruhi estetika dan kenyamanan. Meja yang terbaik untuk taman Anda adalah yang menarik secara visual, sekaligus bisa difungsikan dengan maksimal.

Untuk membantu memilih meja yang paling sesuai untuk taman Anda, beberapa contoh desain di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi yang menarik. Anda bisa menyesuaikannya dengan konsep taman yang ada di rumah.

1. Meja Lipat

Meja taman lipat

Salah satu trik untuk bersantai di taman mungil adalah dengan memilih furnitur yang fleksibel seperti meja yang dapat dilipat. Anda bisa membuka meja saat ingin menikmati sore sambil minum teh dan melipatnya jika hanya ingin duduk santai sambil membaca buku.

Selain sebagai estetika taman, meja lipat juga sangat mudah dibawa ke mana saja, seperti teras, balkon, atau tempat lainnya. Karena desainnya minimalis dan ukurannya kecil, harga meja ini sangat terjangkau, hanya sekitar Rp150 ribu dan yang termahal pun tidak lebih dari Rp1 juta.

Agar awet dipakai, perhatikan tempat penyimpanan meja. Karena mudah dipindahkan, sebaiknya simpanlah meja lipat di dalam ruangan. Pastikan tempat untuk menyimpan meja ini kering dan sejuk. Jika ingin tetap disimpan di luar, lindungi meja dengan penutup yang bersifat anti air.

2. Jenis Meja Bundar

Meja taman bundar

Memasang meja berbentuk bundar di taman juga menjadi cara lain untuk menyiasati ukuran taman yang tidak terlalu luas. Daun meja berbentuk bundar bisa memberikan ruang lebih banyak, apalagi dengan kursi tanpa sandaran yang disusun membentuk lingkaran.

Bagi Anda yang memiliki anak kecil, meja berbentuk bundar jauh lebih aman karena tidak ada sudut yang runcing. Anda bisa menyulap meja bundar menjadi meja taman payung hanya dengan menambahkan parasol yang dipasang di tengah meja.

Meja bundar berdiameter 60 cm dan tinggi 45 cm dari kayu jati ditawarkan dengan harga sekitar Rp850.000,00 sampai Rp1 juta. Untuk satu set meja dan bangku taman lengkung, harganya bisa mencapai Rp3 juta. Harga ini tentu lebih rendah jika bahannya bukan dari kayu jati.

3. Model Meja Extended

model meja extended

Jika Anda termasuk orang yang senang mengundang kerabat dan teman untuk berkumpul dan menjamu mereka, meja dengan desain extended ini wajib dimiliki. Begitu juga jika jumlah anggota keluarga yang tinggal di rumah cukup banyak.

Mengapa harus meja extended? Meja ini memiliki bentuk seperti meja biasa, tetapi pada sisi kanan dan kirinya terdapat tambahan daun meja yang bisa dilipat ke bawah. Desain seperti ini memungkinkan meja dipendekkan atau dipanjangkan sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, untuk keseharian, Anda cukup menggunakan meja utama dengan kapasitas empat orang. Pada saat banyak tamu, Anda bisa membuka lipatan meja tambahan yang terdapat di kedua ujung meja sehingga meja bisa menampung hingga 10 orang.

Untuk meja taman minimalis, desain extended ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp2 juta. Anda bisa menambahkan parasol untuk mengantisipasi cuaca panas. Tambahkan juga bantalan empuk di kursi taman kayu agar para tamu bisa duduk dengan nyaman.

4. Desain Meja Beroda

meja taman beroda

Satu lagi desain meja yang cukup unik dan bisa Anda tiru adalah meja yang kaki-kakinya dilengkapi roda. Penambahan roda bertujuan agar meja mudah dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan. Jadi, meja ini bisa Anda fungsikan di dalam rumah maupun di taman.

Meja beroda atau meja troli ini sangat fleksibel dan fungsional. Anda bisa menggunakannya di dapur untuk menyimpan aneka bumbu atau di ruang makan sebagai tempat menyimpan keranjang buah. Anda juga bisa mendorong meja ini ke taman saat ingin minum teh di sore hari.

Supaya memudahkan gerak saat dipindahkan, meja troli ini sebaiknya berbentuk bujur sangkar dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Untuk menambah kapasitas, tambahkan rak di bagian bawah meja tempat buku, majalah, atau lainnya.

Untuk meja troli yang seluruhnya dibuat dari kayu, harga di pasaran ada di kisaran Rp1 juta hingga Rp2 juta. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih ekonomis, Anda bisa memilih meja troli dengan kaki besi yang lebih murah, yaitu sekitar Rp700 ribu.

5. Model Meja Dinding

meja dilipat ke dinding

Meja yang dapat dilipat dan menempel di dinding banyak digunakan di rumah atau apartemen yang berukuran sempit untuk menghemat ruang dan biasanya ditempatkan di dapur atau kamar. Meja bisa dibuka ketika dibutuhkan dan ditutup ketika sudah tidak digunakan lagi.

Cara ini juga bisa Anda terapkan di taman. Tempelkan salah satu sisi meja ke dinding taman. Biasanya, meja tempel ini tidak dilengkapi kaki, tetapi Anda juga bisa menambahkan kaki-kaki yang tentunya harus desain sedemikian supaya bisa dilipat rapi bersama mejanya.

Meja yang menempel ke dinding bisa Anda pasangkan dengan kursi lipat yang bisa disimpan ketika tidak digunakan. Karena terpasang secara permanen di dinding taman, lindungi meja ini dengan memasangkan sarung meja tahan air ketika tidak digunakan.

Karena desainnya sangat simpel, sebetulnya Anda bisa membuat meja dinding sendiri. Namun, jika tidak ingin repot, Anda bisa membeli meja dinding dengan kisaran harga tidak lebih dari Rp1 juta.

6. Desain Meja Bar

meja taman bentuk bar

Meja bar tidak hanya cocok untuk digunakan di kafe atau restoran. Anda juga bisa memboyong nuansa kafe ke taman rumah. Bentuk meja bar sangat cocok untuk Anda yang lebih suka melewatkan waktu makan di taman, baik makan berat maupun selingan.

Dengan menempatkan meja berbentuk bar, Anda bisa menikmati nuansa kafe kapan saja. Untuk mendukung suasana, tambahkan beberapa kursi bar atau stool. Dijamin, pasangan meja bar dan stool akan membuat taman Anda menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai.

7. Meja Piknik

Kursi taman piknik

Menggembirakan sang buah hati bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan menyediakan satu set meja piknik mungil di pekarangan belakang rumah. Anak-anak tentu senang bisa memiliki tempat sendiri untuk menikmati makanan kecil bersama teman sebayanya.

Meja piknik untuk si kecil sebaiknya didesain dengan bentuk sederhana, misalnya berupa meja panjang yang tersambung dengan dua buah bangku panjang di sebelah kanan dan kirinya. Baik meja maupun bangkunya dibuat dari bilah-bilah papan kayu tipis yang dipasang berjajar.

Anda bisa menempatkan meja piknik untuk si kecil ini di sebelah meja utama. Jadi, Anda bisa berbincang lebih tenang dengan tamu Anda sambil mengawasi anak, sementara si kecil juga bisa menikmati aktivitasnya sendiri. Untuk melindungi dari panas, lengkapi dengan tenda payung.

Demikianlah berbagai jenis desain meja taman yang akan mempercantik rumah Anda. Dengan memilih desain meja yang tepat, taman tak hanya makin indah, tetapi juga menjadi tempat favorit seluruh anggota keluarga untuk menghabiskan waktu bersama-sama.

Ada Yang Mau Ditayakan? Klik Disini